Halo semua... lanjut lagi
nihhh... Kali ini, aku mau cerita tentang pengalaman aku yang masih berhubungan
dengan Zalora. Tapi, kali ini aku mau cerita tentang pengalaman menukar barang.
Menukar yaa.. bukan pengembalian...
Jadi, aku ikut single’s day Zalora atau bisa dibilang
harbolnas 11.11. Nah, aku beli sepatu
dan tas, yang didiskon dan ada tambahan extra
diskon juga. Lumayan lah... Nah,
barang yang aku tukar, sudah bisa ditebak kan. Yep, sepatu. Sepatu yang aku beli itu namanya caged heels warna beige
dari Zalora. Setelah melihat ukuran dan mencocokkan dengan panjang kaki aku
yang panjangnya 24.5 cm, diukuran panduan itu nomor sepatunya yaitu 36 atau 6.
Akhirnya aku pilih nomor itu, dengan pertimbangan aku pernah beli sepatu Bata
dan memang ukuran aku itu nomor 6. Setelah menunggu selama 3 hari, barangpun
bisa diambil di Indomaret karena aku memang memilih opsi pengiriman ke
Indomaret.
Setelah barang di buka. Aku suka
dengan tas dan sepatunya. Tapi, pas di coba sepatu itu, ternyata... kekecilan
banget. Serius deh, bahkan kaki aku nggak muat sama sekali, masuk pun nggak. Akhirnya aku putuskan untuk
melakukan penukaran barang dengan mengikuti prosedur yang ada di Zalora.
Pertama, aku isi formulir penukaran/pengembalian
barang yang bisa ditemukan di menu ‘akun saya’ terus pilih barang yang ingin
dikembalikan/ditukar. Setelah itu, pilih ingin dikembalikan atau ditukar, nah aku pilih bagian penukaran barang
dan ditukar dengan nomor 39. Nomor sepatu aku biasanya. Kalau ternyata
kebesaran atau kekecilan, yaa siapa
tau masih bisa ditukar.
Isi formulir selesai dan sudah
dapat email konfimasi. Lanjut tahap selanjutnya. Kirim barang. Berhubung yang
paling dekat dengan kontrakan aku itu Alfamart, jadilah aku pilih Alfamart.
Selain Alfamart juga bisa lewat pos Indonesia yang sama-sama gratis kirim ke
Zalora. Bisa juga lewat JNE, Tiki, dll, tetapi berbayar, ya meskipun nanti
bakal diganti sama Zalora sih ongkos
kirimnya. Oke lah. Aku pilih
Alfamart. Setelah sampai di Alfamart, akupun menyampaikan maksud aku untuk
mengirim barang dan mereka memastikan kalau ‘ngirimnya pakai Alfa trex, bukan?’
Aku jawab, ‘iya’. Nah, tapi disini ada masalah, ternyata kasirnya gak tau
gimana caranya, sampai dia lihat panduan di brosur untuk pengiriman ke Zalora.
Gagal, karena katanya butuh semacam kode. Akhirnya, aku disuruh daftar alfatrex
untuk dapat kodenya. Aku daftar deh. Sembari aku daftar, si mbak kasir Alfamart
terus nyoba di komputer kasir sambil dibantuin sama mas kasir lainnya. Beruntungnya
disitu kebetulan ada mungkin supervisornya atau entah siapa dan coba bantuin,
sebut saja dia ini ‘mas jaket’ karena dia pakai jaket yang memang kelihatannya
dia mau pergi. Si mas jaket ini pun nelpon seseorang, entah siapa. Dan nanya
bagaimana pengiriman barang ke Zalora. Bersyukurnya, ketemu juga bagaimana cara
mengirimnya. Dan akupun tidak perlu mendaftar ke Alfatrex, tapi sudah
terlanjur. Biarlah.
Setelah selesai, keluarlah bukti
struk pengiriman dan si mbak kasir pun bilang dapat free Bear Brand satu buah. Diambilkan lah bear brand sama si
mas jaket itu. Kemudian, si mbak kasir memberikan struk beserta Bear Brand buat aku. Transaksi pun
selesai dan gratis, dapat bonus pula. Lumayan. Meskipun agak lama, tapi
untungnya kasirnya ramah, jadi nggak
kecewa.
BTW, aku ngirim itu di hari kamis
yaa.. dan aku pun tinggal menunggu.
Di email dari Zalora, barang ditunggu
hingga lima hari ke depan. Barang yang aku kirim pun sudah sampai di hari jumat
sore. Tapi, aku belum dapat email
kalau barang sudah diterima di warehouse
Zalora. Akupun tunggu hingga hari rabu. Belum juga dapat email. Akhirnya aku putuskan untuk mengirim email ke customer service Zalora.
Keesokan harinya, email aku dibalas
dan katanya barang yang aku kirim, sedang ada di bagian quality control untuk pengecekan dan akan diinfokan lebih lanjut
jika barang pengganti akan dikirim. Oke,
aku tenang.
Dan di hari Jumat pagi, aku pun
menerima sms dari Zalora jika barang sedang dalam pengiriman dan sudah ada di
kurir yang akan mengirimkannya di hari itu juga. Aku senang dong. Cepat juga. Akhirnya barang
pengganti pun sampai di siang menjelang sore hari. Akupun mencobanya dan
ternyata...... Pas. Sesuai ukuran aku. Nggak
cuma itu, disertakan juga sticker
pengembalian barang. Berarti kalau nggak
cocok, masih bisa ditukar atau dikembalikan, dan aku putuskan untuk
mengambilnya.
Nah, itulah
pengalaman aku waktu melakukan penukaran barang di Zalora. Namanya belanja online itu pasti harus sabar, karena
barang yang dibeli, ngak bisa
langsung kita terima dan kalau nggak
cocok ya harus nunggu berhari-hari dulu sampai barang pengganti datang. Tetapi,
belanja di Zalora ini memuaskan kok, nggak merugikan. Barangnya juga
bagus-bagus. Bolehlah ikut single’s day
tahun depan.
Okay. Sekian dari
aku. Bertemu lagi di pengalaman aku selanjutnya. See yaaaa....
Best,
Hanny Verryna
BalasHapushiii,btw apakah pemgiriman boleh menggunakan jne/jnt?
Hi Kak Restha, aku kurang tahu sih. Karena biasanya aku cari yang mudah aja, jadi ya lewat alfamart, dan udah pasti gratis. jadi gak ribet-ribet reimburse :)
HapusHaloo.. Stiker penukaran/pengembalian barang itu ada setelah barang yang baru sudah dikirimkan ke pemesan ya kak?
BalasHapusHalo kak, mohon maaf baru merespon. Untuk sticker penukaran pasti disertakan dalam paket. Ini sih berdasarkan pengalaman aku. ^-^
HapusKak mau tanya, untuk kode return itu yang sebelah mana ya? Soalnya saya refund zalora via pos indonesia tadi ditanya kode returnnya dimana.
BalasHapusHalo kak, mohon maaf baru merespon. Duh, sebab sudah lama tidak melakukan return jadi lupa nih. Hehe. Mungkin bisa ditanyakan ke CS nya melalui IG kak.
Hapuskak kalo boleh tau nanya ke csnya lewat email gmn? soalnya aku kayak gitu juga blm dapet konfirmasi
BalasHapusHalo kak, bisa juga coba komen atau DM di instagramnya zalora, kelihatannya fast response juga. Kalau email, aku melalui websitenya di zalora.co.id/contact/
HapusSemoga membantu.
kak mau tanya pengiriman dr alfamart ke werehouse zaloranya itu berapa hari ya kak?5 harii??
BalasHapus