Langsung ke konten utama

My Experience : Refund atau Pengembalian Dana di Agoda | Membatalkan pesanan hotel di Agoda

 Halo semua, setelah lama gak menulis blog. Akhirnya aku kembali lagi untuk berbagi pengalaman aku. Nah pengalaman aku kali ini adalah pengajuan pembatalan pesanan di Agoda. Beberapa waktu lalu, aku booking hotel di Agoda dan sudah juga membayar melalui transfer, eh tetapi karena berubah pikiran setelah melihat hotel yang lebih proper. Akhirnya aku mengajukan pembatalan. Saat itu, aku gak punya akun Agoda sama sekali. Aku pesan hanya by websitenya aja tanpa ada login loginan. Untungnya saja pesan kamar yang memang free dan easy cancellation. Jadi, pas setelah dikirim booking confirmationnya melalui email, tinggal scroll ke bawah dan ada beberapa pilihan. salah satunya adalah : Batalkan pesanan. Nah, setelah itu di klik akan diarahkan langsung ke website Agoda nya dan pilih batalkan pesanan beserta alasannya. 


Tidak lama kemudian, akan dikirim email untuk opsi refundnya. Aku pilih opsi ke dua yaitu refund by transfer. Tinggal reply email itu dan tulis opsi ke dua juga dengan detail Negara, mata uang, dan nama pemilik rekening. 


Setelah menunggu, beberapa menit. Tidak kunjung menerima email apapun. Berdasarkan email sebelumnya sih, akan dikirimkan link untuk mengisi detail rekening melalui hyperwallet.

Cuma karena belum menerima email apapun, akhirnya aku menghubungi live chatnya Agoda. Awalnya mau di website aja, tetapi supaya lebih convenience akhirnya aku download agoda. Sekalian untuk booking hotel incaran juga, hihihi.


Nah, setelah itu langsung aja login dengan email tanpa ada register-register segala. Dan semua detail pesanan aku ada disitu. Kemudian aku pilih ke bagian cancellation, dan ada daftar hotel yang sudah ku cancel. Kemudian, di paling atas, ada pilihan chat dengan customer service kami. So, aku pilih itu, awalnya sih chat by system. Terus karena tidak tersolved, akhirnya diarahkan ke orang beneran. Yang memang agak tricky adalah, bahasa. entah karena aku pilih konfigurasi bahasa inggris di app nya, makanya pas chat an juga pakai english. Hahaha.


Tapi, ya cukup helpful lah untuk CSnya. Awalnya di handle sama Irish Angelica. Terus di handover ke Shazanur.

Dan katanya akan di proses dalam jangka waktu 1-3 hari untuk link hyperwalletnya. Nah rinciannya chatnya kayak gini.




Satu hari kemudian atau hari besoknya, aku menerima email donotreplyhyperwallet. Nah disitu ada tracking sudah sampai mana proses refundnya, juga ada email untuk kita melengkapi data diri kita untuk keperluan refund. Ya kayak gini detailnya.




Jadi di link itu nanti kita sudah tinggal isi Bank yang dituju, ada isi alamat kita, dan nomor rekening. Jika sudah selesai tinggal submit dan selesai. Terus kita juga bisa tracking proses pengembalian dana kita. Ini contohnya.


Nah dari tracking itu bisa terlihat kalau dana dirilis satu hari setelah kita submit nomor rekening di hyperwallet. Dan setelah aku cek di mBanking, memang sudah diterima tanpa ada potongan apapun.

Jadi, menurut aku sih, pelayanan Agoda cukup baik. Gak perlu khawatir lagi jika mau membatalkan pesanan dan uangnya hilang. Ditambah lagi promo nya banyak juga, apalagi kalau pakai kartu debit atau kredit, bisa lah dimanfaatkan. Oh sebagai saran juga, sebaiknya sih booking nya itu di aplikasi aja deh, sebab kalau sudah login di aplikasi, akan dapat cashback gitu, kan lumayan kalau dikumpulin. Setelah pandemi usai, ingin jalan-jalan di dalam maupun luar negeri bisa pakai Agoda aja. Nice.

Best, Hanny

Ps : Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dari penulis dan jika ada rekomendasi atau apapun itu tidak terafiliasi dengan pihak manapun.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Mahasiswa Cipt. Dr. Arif Satria

Mahasiswa Cipt: Dr. Arif Satria Mahasiswa, Masa yang indah Berjuta kenangan dan cerita Bertabur impian dan harapan Masa ini, Tuk menempa diri Raihlah ilmu dan jiwa pengabdi Siapkan diri tuk membangun negeri Keemasan masa ini lewati bersama Karya gemilang kaya prestasi Tuhan tunjukkan padaku langkah untuk maju untuk mengukir sejarah baru Mahasiswa, Masa yang indah Berjuta kenangan dan cerita Bertabur impian dan harapan Masa ini, Tuk menempa diri Raihlah ilmu dan jiwa pengabdi Siapkan diri tuk membangun negeri Keemasan masa ini lewati bersama Karya gemilang kaya prestasi Tuhan tunjukkan padaku langkah untuk maju Untuk mengukir.... Untuk mengukir Keemasan masa ini lewati bersama Karya gemilang kaya prestasi Tuhan tunjukkan padaku langkah untuk maju Untuk mengukir, untuk mengukir, untuk mengukir, untuk mengukir, Sejarah baru Mahasiswa.... Masa yang indah....

Experience : Pengalaman Penukaran Barang di Zalora

Halo semua... lanjut lagi nihhh... Kali ini, aku mau cerita tentang pengalaman aku yang masih berhubungan dengan Zalora. Tapi, kali ini aku mau cerita tentang pengalaman menukar barang. Menukar yaa.. bukan pengembalian... Jadi, aku ikut single’s day Zalora atau bisa dibilang harbolnas 11.11. Nah , aku beli sepatu dan tas, yang didiskon dan ada tambahan extra diskon juga. Lumayan lah... Nah , barang yang aku tukar, sudah bisa ditebak kan. Yep , sepatu. Sepatu yang aku beli itu namanya caged heels warna beige dari Zalora. Setelah melihat ukuran dan mencocokkan dengan panjang kaki aku yang panjangnya 24.5 cm, diukuran panduan itu nomor sepatunya yaitu 36 atau 6. Akhirnya aku pilih nomor itu, dengan pertimbangan aku pernah beli sepatu Bata dan memang ukuran aku itu nomor 6. Setelah menunggu selama 3 hari, barangpun bisa diambil di Indomaret karena aku memang memilih opsi pengiriman ke Indomaret. Setelah barang di buka. Aku suka dengan tas dan sepatunya. Tapi, pas di coba sepa...

MY Experience : Pengalaman pertama mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)

  Halo, semua... Kali ini aku mau cerita mengenai pengalaman pertama aku menghadiri RUPST dan RUPSLB. Berhubung aku baru beberapa bulan jadi investor, jadi baru pertama kali ini aku datang RUPS dan kebetulan RUPS yang ini waktunya cocok. Jadi, yang mengadakan RUPS adalah PT Global Mediacom Tbk (BMTR). Perusahaan ini adalah perusahaan induk dari MNC media, ya, sudah jelas kalau direktur utamanya itu Hary Tanoe. Sejujurnya waktu awal membeli saham ini, aku gak tau kalau perusahaan ini adalah perusahaan media. Aku beli itu karena berdasarkan hasil analisis teknikal aku yang masih minim banget, perusahaan ini bagus dan sahamnya juga liquid. Setelah aku keep beberapa minggu, aku dapat email kalau perusahaan ini mau mengadakan RUPS dan dengan banyak pertimbangan waktu dan lainnya, aku memutuskan untuk ikut menghadiri RUPS ini. Singkat cerita, setelah aku meminta KTUR (Konfirmasi Tertulis untuk RUPS) dari perusahaan sekuritas tempat aku mendaftar. Aku berangkat pagi-pagi sekal...