HANNY
VERRYNA/I24150012
Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural Universitu (www.ipb.ac.id)
Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural Universitu (www.ipb.ac.id)
Kuliah
Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural Universitu (www.ipb.ac.id)
Department of Family and Consumer Science (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural Universitu (www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG SUMARWAN, MSc (www.sumarwan.staff.ipb.ac.id, www. Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir.
Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan
Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Kuliah
Senin Pagi, 5 September 2016
PERILAKU
KONSUMEN DAN MANFAAT YANG DIDAPAT DARI MEMPELAJARINYA
Jika mendengar kata konsumen,
hal pertama yang mungkin terbesit dalam pikiran setiap orang adalah
pengguna/pemakai barang dan jasa, Atau ada juga yang mengartikan dengan
pembeli. Tidak hanya itu, konsumen juga merupakan pelaku tindakan ekonomi,
penghabis, konsumtif, pasar, merek, kredit, pengambil keputusan, persepsi, gaya
hidup, dan lain-lain. Konsumen berkaitan erat dengan tindakan dan proses
psikologis. Sehingga perilaku setiap konsumen berbeda-beda. Seperti, ada
konsumen yang apabila membeli sesuatu selalu mencari yang murah dan berkualitas
atau ada juga yang rela mengeluarkan uang banyak demi barang bermerek terkenal.
Tindakan-tindakan berbeda yang dilakukan oleh konsumen itulah menggambarkan
bagaimana perilaku konsumen. Terdapat tiga perspektif dalam riset konsumen,
yaitu :
a) perspektif pengambilan keputusan.
Contoh, kita mencari informasi mengenai IPB baik melalui internet maupun
bertanya kepada kakak tingkat sebelum kita memutuskan untuk mendaftar di IPB.
b) perspektif eksperiensial
(pengalaman). Contoh, kita membeli boneka Teddy
Bear hanya untuk memperoleh kepuasan tanpa harus memikirkan manfaatnya.
c) perspektif pengaruh
behavioral. Contoh, kita membeli sebuah buku karena dosen menyuruh kita untuk
memiliki buku tersebut.
Lalu, bagaimana
mempelajari studi perilaku konsumen? Secara sederhana, studi perilaku konsumen
meliputi, Apa yang dibeli konsumen?, Mengapa konsumen membelinya?, Kapan mereka
membelinya?, Dimana mereka membelinya?, Berapa sering mereka membelinya?, dan
Berapa sering mereka menggunakannya?.
Mempelajari teori konsumen
bermanfaat untuk memahami konsumen itu sendiri. Tidak hanya itu, produsen,
pegiat pendidikan dan perlindungan konsumen, serta pemerintah dan anggota
legislatif juga harus mempelajari teori
dan perilaku konsumen karena mereka sangat berhubungan erat dengan konsumen dalam
kehidupan sehari-hari dan juga harus memahami proses keputusan konsumen dalam membeli atau
mengkonsumsi produk dan jasa. Sebagai contoh, bagi produsen, pemahaman terhadap
faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen akan memberikan pengetahuan
kepada produsen (pemasar) bagaimana menyusun strategi dan komunikasi pemasaran
yang lebih baik dan hal ini juga akan membantu pemasar untuk analisis
lingkungan, riset pasar, segmentasi, positioning,
dan bauran pemasaran.
Itulah perilaku konsumen dan
manfaat yang dapat kita ambil dalam mempelajarinya, terutama bagi kita yaitu
konsumen itu sendiri.
CONSUMER
BEHAVIOR AND THE BENEFIT WILL BE GOT
FROM LEARN IT
If hearing about consumer, the
first thing will appear in every mind of single person are user from goods and
services,or some of them will describe with buyer. Not only that, consumer is
subject of economic action, eater, consumptive, market, brand, credit, decision
taker, perception, lifestyle, etc. Consumer closely related with action and
psycological process. So the act of consumers will be different. Such as, there
are a consumer who will buy something because of the un-expensive and the
quality or consumer who willing go the pace for the famous brand. The different
acts which have been done by consumer described how the consumer behavior
is. There are three perspective of
consumer research, i.e.:
a) Perspective
of decision maker. For an example, we search for information about IPB both by
the internet or asked to seniors before we decide applying in IPB.
b) Perspective
experience. For an example, we buy a Teddy Bear just for satisfication without
more bones of benefit.
c) Perspective
of behavioral influence. For an example, we buy a book because the lecturer
were forcing us buying it.
Then,
how
do we learn consumer behavior study? Classically, consumer behavior study
include, What they buy?, Why they buy it?, When theybuy it?, Where they buy
it?, How often they buy it?, and How often they use it?.
Learning consumer theory
worthwhile to understand the consumer itself. Not just that, the producers,
educational activist and consumerism, with government and legislative members
must learning theory and consumer behavior because they are very closely
related to the consumer in a daily life and shuold be able to understand the
process of consumer decision in buying or consuming goods and services. As instance, for the producer, knowing about
the factors which is influence the consumer decision will give knowledge to
producers (marketers) how do arrange the strategy and marketing communication
even better and these thing will help the marketer for use in sphere analysis,
market research, segmentation, positioning, and marketing mix.
that is what consumer behavior
and all benefit will come if we want to learn it, especially for us as consumer itself.
Komentar
Posting Komentar